Friday, 30 November 2012

Ujian Tengah Semester Gasal

1.Membuat Dokumen Dengan Microsoft word.

  • Menu-menu yang terdapat pada lembar kerja Microsoft word :
Contoh menu :   
 -home
 -Insert
 -Page Layout
 -References
-Mailings
-Review
-View

  • Menentukan ukuran kertas :    
 -klik menu pages layout.
 -Pilih menu page setup.
                        -Tentukan Bottom,right,left,dan topnya.

  • Mengatur jenis huruf & ukurannya : 
-Klik  ctrl +D.
-Klik button default.
-Lalu akan muncul kotak dialog,klik “Yes”,untuk pengaturan default.

  • Mengatur Format paragraph dan spasinya :    
-Untuk Rata tengah(ctrl+e)
 -Untuk rata kanan(ctrl+r)
 -Untuk rata kiri(ctrl+l)
 -Untuk seimbang (ctrl+j)
 -Untuk pengaturan spasi,pilih menu paragraph,klik  special,lalu pilih first line,isikan line spacing untuk spasi yang anda inginkan.

  • Menyimpan dokumen :    
-Klik icon pada pojok kiri atas,pilih Save as,lalu tentukan destiny folder,dan setelah itu isikan nama pada dokumen anda,dan klik save.(ctrl+S).

  • Mencetak Dokumen:    
-Serasikan pada menu Print preview.(missal a4-a4)
-Defaultkan tipe printer yang sedang anda gunakan.
-Pilih cetak secara full color atau hitam putih saja.
-Lalu pilih Print(from the last page agar lebih efektif).


2.Penggunaan Table.


  • Penggunaan table di gunakan jika kita akan membuat sebuah daftar –daftar dari banyak orang dan acara.

  • Contoh Membuat tabel:    
-Klik menu insert.
-Klik menu table.
-Drag,atau klik insert table.

3.Penggunaan Kolom.

  • Penggunaan kolom adalah agar tidak terjadinya invalidisasi yang terdapat pada Microsoft word ketika kita ingin membuat sebuah daftar.
  • Menggabungkan coloumn:   
 -Blok kolom yang ingin di gabungkan.
-Klik kanan pada kolom yang sudah di blok.
-Pilih menu merge cell.

  • Delete Coloumn :    
-Blok kolom yang akan anda hapus.
-Klik kanan pada kolom tersebut.
-Pilih menu delete row.

  • Mewarnai Kolom:    
-Blok kolom yang akan anda warnai.
-Pilih menu page Layout.
-Klik menu Border & Shading.
-Pilih Shading.
-Pilih motif dan corak warna.



4.Penggunaan numbering.

  • Numbering digunaakn untuk membuat nomor pada halaman,,numbering biasanya dibuat pada bagian bawah (bottom page).
  • Contoh penggunaan numbering:    
-Klik Menu insert.
 -Klik Menu Page Number.
-Pilih Letak untuk Nomor.


5.Penggunaan Header dan footer.


  • Header & Footer biasa digunakan bila kita ingin mengirimkan surat pada suatu kantor,,dan pada bagian alamat dari surat tersebut.
  • Contoh Penggunaan header dan footer :  
-Klik menu Insert
-Klik menu Header & Footer
-Klik header untuk Pengisian atas,
-Klik Footer untuk pengisian Footnote.
Header.
Footer.



6.Penggunaan Footnote.


  • Footnote adalah catatan kaki yang biasanya di gunakan untuk nama penerbit,tahun buku,atau lainnya.
  • Contoh Penggunaamn Footnote:
-Klik menu Insert
-Pilih menu header & Footer.
-Pilih Footer.
-Pilih motif.

7.Pembuatan Lembar Kerja Dengan Excell Yang Baik Dan Benar.

  • Membuat nomor secara  langsung (Fill Handle):    
-Ketikan ‘ pada depan angka.
 -Drag nomor ke bawah.

  • Mengurutkan Nomor :       
 -Blok nomor yang akan di urutkan.
-Pilih menu short.
-Pilih yang ingin di jadikan patokan.
-Pilih ordernya Desc atau asc.

  • Menyisipkan Tabel:    
-klik kanan.
-Pilih menu Insert.
-Pilih Tambahkan Kolom  atau Row.

  • Membuat Border:    
-Masuk pada menu Home.
-Pilih icon border.

  • Mengatur Margins:    
-Pilih menu Print.
-Pilih Page Setup.
-Pilih Margins.
-Tentukan Horizontal & Vertikalnya,untuk mengatur keratanya.

8.Penggunaan Fungsi Statitiska.


  • Fungsi statitiska digunakan ketika kita ingin merumuskan suatu angka pada suatu kolom yang ada pada microsot excel.
Contoh:
        =SUM(value:array) untuk penjumlahan,

        =AVERAGE(value:array) untuk rata-rata.

        =MAX(RANGE) untuk maximall.

        =MIN(RANGE) untuk minimall.

        =COUNT(RANGE)untuk menentukan jumlah data.

        =LEFT(text,num_char)untuk mengambil karakter dari kiri

        =RIGHT(text,num_char)untuk mengambil karakter dari kanan

        =Mid(text;start_num;num_char)untuk mengambil karakter dari tengah


9.Penggunaan fungsi IF .


  • Penggunaan Fungsi if adalah ketika kita ingin mengkondisikan sebuah masalah,,misalnya kita akan mengkondisikan jika ingin dibuat,yang kurang dari 5 pemalas,dan diatasnya rajin,maka contohnya adalah sebagai berikut.
  • Contoh Penggunaan fungsi if:   
 =IF(kolom yg dituju(ekspresi)value,”kondisi1”,”kondisi2”)
 =IF(A1<5,"MALAS","RAJIN")



10.Penggunaan Fungsi LookUp.


  • Fungsi lookup adalah untuk mengembalikan nilai baik dari satu baris atau satu kolom kisaran atau dari array. Fungsi lookup dapat di gunaakn vertical atau horizontal,,jika vertical =vlookup(value,array,nomor,true atau false),jika horizontal =hlookup(value,array,nomor,true/false)

  • Contoh penggunaan Lookup :        =VLOOKUP(B2,B4:D7,2,0)

11.Cara Merangking.


  • Rangking digunakan untuk mengurutkan dari nilai tertinggi hingga terendah,atau sebaliknya.


  • Contoh penggunaan Rank:    
=RANK(value1,array,desc/asc)
 =RANK(H1,H1:H4,0)untuk descending.
 =RANK(H1,H1:H4,1))untuk ascending.

0 komentar:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.