Sunday 29 December 2013

TUTORIAL PEMBUATAN CANVAS PADA ADT BUNDLE ANDROID



  1. Buat Projek Baru.
  2. Isikan Kriteria dan desain sesuai yang anda inginkan.
  3. Ketikan Coding dibawah ini pada layout mainActivity.


<RelativeLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="match_parent"
android:paddingBottom="@dimen/activity_vertical_margin"
android:paddingLeft="@dimen/activity_horizontal_margin"
android:paddingRight="@dimen/activity_horizontal_margin"
android:paddingTop="@dimen/activity_vertical_margin"
tools:context=".MainActivity" >


<TextView
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="@string/hello_world" />


</RelativeLayout>


  1. Pilih gambar dan masukan pada folder xxhdpi.
  2. Isikan coding berikut pada Activity Main pada src.
package com.example.canvas2;


import android.os.Bundle;
import android.annotation.SuppressLint;
import android.app.Activity;
import android.content.Context;
import android.graphics.Bitmap;
import android.graphics.BitmapFactory;
import android.graphics.Canvas;
import android.graphics.Paint;
import android.view.Menu;
import android.view.View;


public class MainActivity extends Activity {


@Override
protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(new canvas7(this));
}

static public class canvas7 extends View{
Bitmap gambarkudangambarmu;

public canvas7(Context context){
super(context);
gambarkudangambarmu = BitmapFactory.decodeResource(context.getResources(),R.drawable.aaa);
}
@SuppressLint("DrawAllocation")
protected void onDraw(Canvas canvas){
Paint paint=new Paint();
canvas.drawBitmap(gambarkudangambarmu, 100, 200,paint);
}
}




@Override
public boolean onCreateOptionsMenu(Menu menu) {
// Inflate the menu; this adds items to the action bar if it is present.
getMenuInflater().inflate(R.menu.main, menu);
return true;
}

}



  1. Pada coding R.drawable.aaa,”aaa” diganti dengan nama gambar yang anda masukan tadi pada folder xx-hdpi.
  2. Output :

0 komentar:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.